Fenomena Langka Transit Venus abad ini 2012 dan 2112


Setelah peristiwa Super Moon baru-baru ini kita akan kedatangan peristiwa yang sangat langka sekali bagi umat manusia.
Bulan Juni ini adalah bulan yang istimewa bagi para penggemar skywatching. Ada banyak fenomena astronomi mengagumkan yang bisa dilihat di bulan ini.

berdasarkan tanggalnya:

Tanggal 4 Juni 2012, puncaknya pukul 18.03 WIB.

(gambar: gerhana bulan)
Nanti akan ada gerhana bulan diseluruh wilayahIndonesia, tempat terbaik ada di bagian wilayah timur Indonesia.

Tanggal 6 Juni 2012 dari pagi hari pukul 05.14-11.50 WIB.

(gambar: ilustrasi transit venus)
Fenomena Transit planet Venus pada Juni nanti adalah terakhir di abad ini. Transit Venus adalah mampirnya Venus di muka Matahari. Venus berada di antara Bumi dan Matahari sehingga akan tampak sebagai titik hitam yang bergerak di muka Matahari. Dalam satu abad hanya terjadi dua kali transit Venus. Masing-masing dengan jangka waktu 8 tahun, namun peristiwa berikutnya harus menunggu lebih dari seabad, 121 tahun atau 105,5 tahun tergantung periodenya. Transit Venus terakhir kali terjadi tahun 2004 dan berikutnya akan terjadi 6 Juni 2012. Once in a lifetime merupakan satu hal yg bisa kita rasakan hanya sekali seumur hidup kecuali berumur panjang lebih dari 100 tahun. Fenomena itu baru akan terjadi lagi tahun 2117 atau tepatnya 105 tahun kita akan berjumpa kembali dengan planet Venus ini, tempat terbaik ada di bagian wilayah timur Indonesia dan wajib menggunakan teleskop yang telah dilengkapi filter ultra violet terhadap cahaya matahari agar tak dapat merusak mata.

Tanggal 18 Juni 2012 sekitar Pagi hari pukul 05.00 WIB.

(gambar: jupiter)
Formasi Segitiga Bulan, Venus, dan Jupiter. menjelang fajar Venus akan tampak terang dengan magnitud -4,08, sementara Jupiter bermagnitud -1,87. Jadi, bisa dilihat dengan mata telanjang. waktunya sangat singkat karena sedikit saja terlewat, fenomena sudah akan “hilang” karena cahaya Matahari yang terang.

Tanggal 27 Juni 2012 menjelang malam hari pukul 18-00 sampai 22.00 WIB.

(gambar: saturnus)
Formasi Segitiga Bulan, Mars, dan Saturnus (planet bercincin)

DON’T MISS IT !

Source: nasa.gov,planetarium-indonesia, kompas.tekno

Iklan