Kacamata Masa Depan dari Google yang dipatenkan dapat menampilkan secara visual objek 3D


     Kacamata yang aneh ya ini bukan kacamata biasa yang fungsinya hanya sebagai pelindung mata dari sinar matahari maupun sebagai gaya hidup tapi juga memiliki fitur layar yang dapat menampilkan sejumlah informasi, mulai dari data tertulis hingga video. Kacamata sejenis ini mungkin seringkali disaksikan di film-film fiksi ilmiah, dunia industri video games dan bahkan sudah ada amine yang menjelaskan konsep ini seperti di komik Detective Conan, namun kini akan segera menjadi kenyatan.

     Kacamata satu ini lebih mengutamakan teknologi yang dikenal dengan istilah teknologi AR (Augmented Reality). Merupakan kumpulan pengolahan beberapa data-data dari penggabungan data dari dunia nyata (realistik) dengan data-data dari komputer (maya) menjadi suatu desain gambar tervisualisasi.

Perbedaan antara Virtual Reality dan Augmented Reality

Virtual Reality mengacu pada penggabungan dari objek dunia nyata ke dunia digital/maya.

Augmented Reality merupakan kebalikan dari Virtual reality yang berarti integrasi elemen-elemen digital yang ditambahkan ke dalam dunia nyata secara realtime dan mengikuti keadaan lingkungan yang ada di dunia nyata.

     Dalam video konsep yang berjudul Project Glass: One day… di YouTube, Google menunjukkan bagaimana kacamata pintar mampu memotret, menunjukkan arah melalui Google Map, check-in lokasi, membuat jadwal janji, bahkan melakukan video chatting. Semua aktivitas itu kelak akan muncul di lensa, tepat di depan mata penggunanya.

     Inovasi yang memadukan teknologi dengan fashion diperlihatkan Google saat memperkenalkan Google Glasses. Walau masih dalam pengembangan, kacamata ini merupakan Augmented Reality (AR), yang juga memiliki fungsi serupa smartphone berbasis Android.

Sumber: publishedmind.blogspot, SenjaLazuardy-kompas.com

Iklan