Beberapa Cara Menghindari Gigitan Nyamuk


Nyamuk jantan hanya makan dari sari-sari buah dan tumbuhan lainnya. Nyamuk yang menggigit dan menghisap adalah berjenis kelamin betina. Nyamuk membutuhkan darah manusia yang kaya zat makanan dan energi untuk digunakan untuk reproduksi untuk melanjutkan keturunannya.

A. Anti Nyamuk Secara Modern

1. Lotion Anti Nyamuk

Oleskan lotion pada seluruh daerah kulit yang tidak tertutupi pakaian. Nyamuk sangat tidak menyukai bau bunga lavender yang dapat menyarukan atau menyamarkan bau tubuh sehingga tidak terdeteksi oleh nyamuk. Cara ini adalah cara yang paling mudah, cepat, efektif dan efisien.

2. Obat Nyamuk Bakar

Bakar dengan korek api pada ujungnya dan kemudian taruh di alas khususnya yang terbuat dari besi yang biasanya didapatkan setiap beli satu pak obat nyamuk bakar. Bisa juga buat dari kertas yang dibuat bergelombang seperti kipas tangan. Letakkan  di tempat yang tertutup seperti dalam kamar atau ruang tamu

3. Anti Nyamuk Elektrik

Alat ini nantinya akan mengeluarkan aroma tertentu yang tidak disukai nyamuk baik dengan cara memanaskan mat batangan dan mengeluarkan aroma ke lingkungan sekitarnya. Alat ini membutuhkan tenaga listrik untuk dapat bekerja.

4. Raket Nyamuk Listrik atau Baterai

Cara ini cukup menyenangkan di mana kita tinggal mengibaskan raket ke arah nyamuk. Nyamuk yang terkena raket ini akan kesetrum dan terbakar. Alat ini cocok bagi yang sangat membenci nyamuk dan ingin membunuh mereka secara langsung. Raket nyamuk ada yang menggunakan energi batre dan ada juga yang menggunakan listrik ces isi ulang.

5. Minyak Kayu Putih atau Telon

Produk ini direkomendasikan sebagai “penolak nyamuk yang sangat baik” dengan 40 persen konsentrasinya akan menangkal nyamuk. Namun tidak dianjurkan bagi anak-anak di bawah usia 3 tahun meski hal ini bukan berarti karena faktor toksisitas namun anak-anak di bawah 3 cukup dilindungi dengan cara lain seperti memakaikan baju yang tepat pada anak-anak.

6. Software Gelombang Suara Pengusir Nyamuk

Download, install dan jalankan software/piranti lunak tersebut dari pc/laptop dan hidupkan speaker seperti biasa. Sistem kerjanya saat software ini dijalankan akan menghasilkan frekuensi dari 16000Hz-20000Hz. frekuensi ini dapat dideteksi oleh nyamuk dan beberapa hewan karena merasa terganggu dengan frekuensi ini dan mereka biasanya menjauhi sumber frekuensi ini. Gelombang tidak bisa terdengar oleh kuping/telinga manusia. Tehnik ini tidak menjamin 100% dapat mengusir nyamuk tapi patut untuk dicoba.

download (252Kb)

7. Tetap Dekat dengan Kipas Angin

Nyamuk itu merupakan serangga penerbang yang buruk. Oleh karena itu, dekatkan diri dengan kipas yang ada di langit-langit atau kipas angin biasa.

B. Anti Nyamuk Secara Tradisional

1. Hindari Waktu Senja dan Fajar

Sebagian besar spesies nyamuk paling suka menggigit mangsanya pada malam hari dan pagi-pagi buta. Jadi pertimbangkan untuk meningkatkan perlindungan diri atau tetap berada di dalam rumah pada waktu-waktu tersebut. Untuk spesies lain juga menggigit di waktu-waktu tertentu atau kapan saja.

2. Menutupi Kulit dengan Pakaian Panjang

Merekomendasikan agar memakai baju berlengan panjang, celana, topi dan sepatu yang ujungnya tertutup untuk menutupi bagian kulit Anda yang terbuka.

3. Warna gelap

Nyamuk berevolusi untuk berburu mamalia yang berbulu dan berwarna gelap atau ditempat-tempat yang kurang cahaya (gelap). Pilihlah baju seragam putih atau dengan yang berwarna kurang menarik minat perhatian nyamuk dengan tempat terang.

4. Aroma Tubuh

Nyamuk juga suka sekali mengonsumsi nektar pada bunga. Nektar akan memberikannya energi untuk terbang dan menyengat. Jadi, berhati-hati jika menggunakan parfum beraroma bunga, bisa-bisa nyamuk akan menempel terus karena mengira mencium aroma sumber nektar. Nyamuk juga dapat mengambil zat kimia dalam keringat manusia. Jadi, jika berkeringat segera bersihkan dengan handuk atau segera mandi agar tidak dikelilingi nyamuk.

5. Makan Bawang Putih

Bawang putih telah lama dikabarkan mampu mengusir nyamuk, bawang putih memang memiliki beberapa manfaat kesehatan berkat antioksidan bernama allicin yang berfungsi memberikan bau dan rasa. Minyak bawang putih murni ketika dioleskan pada kulit akan mampu mengusir nyamuk tetapi baunya cukup menyengat.

6. Serai

Sebuah studi kecil pada tahun 2002 menemukan bahwa penolak nyamuk berbahan serai mampu menghindarkan diri dari gigitan nyamuk selama 20 menit atau kurang.

7. Bakar Sebatang Lilin

Menggunakan lilin serai atau obor teras untuk dekorasi karena keduanya mengeluarkan asap akan membuat nyamuk menjauh.

8. Membuang Air yang Sudah Tak Dipakai

Setiap kolam atau genangan air di sekitar rumah atau halaman dapat dengan cepat menjadi tempat bagi nyamuk untuk berkembang. Yang perlu diperhatikan agar menyumbat talang atap, mengosongkan kolam yg tidak berguna, memastikan air hujan tidak terkumpul di tempat sampah, pot bunga atau wadah yang tidak terpakai lainnya.

9. Kelelawar dikenal sebagai predator alami nyamuk.

Meski terlihat ekstrem dan menyeramkan, bisa kok mempertimbangkan memelihara beberapa ekor saja kelelawar yang mampu memakan ribuan ekor nyamuk tiap malam. Hal ini sering di jumpai pada kebanyakan rumah-rumah tradisional jawa yang menggunakan atap bambu sebagai ujung lubang digunakan sebagai rumah bagi kelelawar tersebut. :D


About these ads